Jajanan Anak SD

Apa saja daftar jajanan anak SD terlaris sepanjang masa? Yuk, mari langsung saja kita simak daftarnya di bawah ini:

1. Telur Gulung

Jajanan anak SD terlaris yang pertama adalah telur gulung. Beberapa tahun lalu, jajanan ini sempat viral bagi para milenial yang tidak mengenal jajanan ini.

Kamu bisa menemukan jajanan ini di dekat sekolah dasar. Bahan untuk membuat telur gulung sangat mudah, kamu hanya perlu telur dan diberi bumbu asin atau kaldu. Lalu, tambahkan sedikit air.

Air dibutuhkan agar saat digoreng telur menyebar dan dapat digulung dengan mudah. Jajanan ini bisa juga jadi ide bisnis dengan modal kecil dengan keuntungan yang besar.

2. Batagor

Jajanan anak yang paling laris sepanjang masa lainnya, yaitu batagor. Batagor juga merupakan salah satu resep makanan ringan untuk dijual di sekolah, terutama Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Batagor merupakan makanan khas dari Bandung dan identik dengan Jawa Barat dan masyarakat Sunda. Pada dasarnya, batagor terbuat dari adonan tepung tapioka yang dilengkapi dengan ikan tenggiri.

Adonan tersebut digoreng bersama dengan tahu dan digoreng hingga kering. Setelah matang, nikmati batagor dengan bumbu kacang dan kecap.

Kin,i ada varian lain dari batagor. Selain digoreng dengan tahu, adonan juga digoreng dengan pangsit dan bisa dinikmati dengan kuah. Baik menggunakan bumbu kacang atau kuah, batagor merupakan jajanan anak yang nikmat.

3. Bakso

Bukan hanya sebagai jajanan anak, bakso juga merupakan kuliner yang sangat disukai oleh orang dewasa. Terutama di tengah musim hujan seperti saat ini. Bakso merupakan kuliner wajib disantap saat hujan.

Akar sejarah bakso pun sangat panjang sebagai sebuah kuliner campuran yang berasal dari Tionghoa dan mendapatkan modifikasi dan penyesuaian sesuai dengan kebiasaan makan masyarakat Indonesia.

4. Cilok

jajanan anak
(Foto gerobak pedagang cilok. Sumber: Pixabay.com)

Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok, lagi-lagi jajanan anak yang berasal dari Jawa Barat. Aci sendiri sebutan orang Sunda untuk tepung tapioka.

Di beberapa kota, cilok disebut dengan bakso aci. Jajanan atau kuliner ini berkembang di Kota Bandung dan Garut. Kamu juga bisa menjadikan cilok sebagai salah satu resep makanan ringan untuk di jual di sekolah.

Campuran tepung tapioka dengan telur kemudian dibentuk bulat seperti bakso dengan isian daging sapi atau daging ayam. Kemudian, direbus hingga matang dan disajikan dengan kuah.

Variasi lain juga ada yang mengukus cilok dengan disajikan bersama bumbu kacang. Cilok mungkin menjadi salah satu jajanan anak yang kamu sukai ketika sekolah dulu.

Saat ini pun, kamu bisa menjadikan cilok sebagai salah satu ide bisnis kuliner yang potensial dan menjanjikan.

5. Es Mambo

Rekomendasi jajanan anak dengan rasa manis adalah es mambo. Seperti yang kita ketahui, bahwa anak-anak sangat menyukai makanan manis.

Membuat es mambo juga sangat mudah, yaitu dengan air yang diberi sirpu kemudian dimasukkan dalam plastik dan dibekukan. Ini yang membuat es mambo sangat murah dengan rasa yang nikmat.

6. Sosis Bakar

Ini merupakan salah satu jajanan anak yang viral saat ini. Bukan hanya dapat kamu temui di depan sekolah-sekolah, sosis bakar juga dapat kamu temui di tempat wisata atau pusat keramaian.

Jika biasanya kamu menikmati sosis di rumah dengan cara digoreng dan dinikmati dengan nasi. Terobosan baru, membuat sosis ditusuk dengan lidi dan dibakar dengan menggunakan bumbu bakar.

Terdapat rasa, seperti BBQ, pedas asin, hingga blackpepper. Terakhir, sosis dinikmati dengan saus tomat atau saus cabai. Tak lupa mayones untuk menambah kelezatan. Pada gigitan pertama, sosis bakar dapat memberikan sensasi yang membuat mulut nyaman.

7. Telur Ping Pong

Jajanan anak terlaris selanjutnya yaitu telur ping pong. Mengapa disebut demikian? Ini karena sajian camilan ini memiliki bentuk bulat seperti ping pong. Adonan telur dadar yang dicetak dengan menggunakan wadah yang mirip bola kecil.

Sejak dari beberapa puluh tahun lalu, telur dadar ping pong merupakan salah satu rekomendasi jajanan anak yang sangat disukai dan dijamin laris manis.

8. Kue Cubit

jajanan anak
(Foto pedangan memasak kue cubit. Sumber: Unsplash.com)

Selain es mambo, jajanan anak yang memiliki rasa manis selanjutnya yaitu kue cubit. Disebut kue cubit karena bentuknya yang mungil dan dimakan dengan cara dicubit.

Kue cubit biasanya memiliki topping dengan rasa coklat meses, keju hingga matcha atau topping yang menarik lainnya.

Dengan berbagai modifikasi, kue cubit saat ini merupakan jajanan yang tengah hits. Sangat recommended sebagai salah satu ide bisnis kuliner.

9. Cilor

Jajanan anak yang sangat identik dengan anak SD, yaitu cilor. Ini merupakan sajian yang terbuat dari aci dan telur.

Jajanan ini pada dasarnya merupakan cilok yang dibentuk kecil ditusuk dalam satu lidi dan digoreng kering yang dibungkus dengan adonan telur gulung.

Sederhananya cilor merupakan gabungan dari jajanan telur gulung dan cilok. Namun, ciloknya tidak memiliki isi dan berbentuk kecil. Salah satu menikmati cilor adalah dengan bubuk cabai dan saus cabai atau saus tomat.

Kuliner yang sangat nikmat dan wajar disukai oleh anak-anak. Balutan telur gulung yang menjadi kering dan membalut cilor menjadi semakin gurih dan nikmat.

10. Cimol

Terakhir jajanan anak legendaris sepanjang masa yaitu cimol, merupakan singkatan dari aci digemol, atau aci (tepung tapioka) yang bulat-bulat.

Ini merupakan jajanan anak yang berasal dari Bandung atau Jawa Barat. Dari sekian daftar jajanan di atas, kamu mungkin bertanya banyak sekali jajanan yang berasal dari Bandung dan berbahan dari tepung tapioka.

Ini berkaitan dengan kebiasaan masyarakat Sunda yang sering memasak menggunakan bahan tepung tapioka sehingga menghasilkan kuliner yang menarik bahkan laris dijadikan sebagai jajanan.

Tekstur dari cimol renyah di luar dan lembut di dalam, ketika dikunyah, sangat lembut di bagian mulut. Menikmati cimol bisa menggunakan bumbu bubuk asin, pedas, balado hingga keju.

Itu dia daftar jajanan anak terlaris sepanjang masa yang hingga saat ini bertahan menemani anak-anak sekolah belajar.

Semoga informasi di atas juga bisa jadi ide bisnis bagi kamu yang tertarik berkecimpung di dunia kuliner jajanan anak-anak.

sumber : https://store.sirclo.com/blog/jajanan-anak/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *