Tumbuh Gigi

Pertumbuhan gigi anak

Perlu bagi ibu untuk mengetahui tanda gigi akan mengalami kerusakan atau berlubang. Jika diketahui sejak awal, perawatan gigi akan lebih murah dan lebih cepat tertangani. Apa saja tanda gigi mau berlubang atau rusak:

– Ada bercak putih di gigi yang lambat laun akan membuat gigi mudah rapuh yang berakhir menjadi ompong atau grepes. Biasanya kebiasaan  anak yang minum menggunakan dot yang dibiarkan tetap menempel pada gigi dan bibir bisa memicu terjadinya gigi ompong.

– Timbul bercak hitam pada gigi yang bisa menyebabkan bengkak pada gusi yang bisa mengganggu pembentukan gigi tetap.

Untuk mencegah gigi berlubang dan karies ajarkan pada anak, bagaimana untuk merawat gigi nya sejak usia dini. Jangan biarkan si kecil mengosumsi makanan manis terlalu banyak, jika sudah cukup usia ajarkan si kecil bagaimana merawat kesehatan gigi anaknya dengan menggosok gigi secara teratur. Menggunakan pasta gigi khusus anak bisa memacunya rajin melakukan sikat gigi. Dan mulailah mengajak si kecil melakukan check up gigi dimlai dari bayi mulai tumbuh giginya pada usia sekitar 6 sd 12 bulan.

“Usahakan pula, hindari terjadinya transfer kuman lewat ludah baik melalui sendok garfu  ataupun alat makan lain. Dan lakukanlah kebisaan sehat untuk menjaga gigi tetap utuh dan sehat,”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *