Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Dalam perkembangannya Anak-anak seringkali susah untuk bisa makan sehingga perkembangan dan pertumbuhan badannya akan menjadi tidak ideal. Sebagai orang tua kita wajib untuk mengetahui penyebab anak-anak kita menjadi susah makan sehingga pertumbuhan berat badannya susah naiknya.

Penyebab 1 : Kehilangan Selera Makan

Berdasarkan beberapa praktekpenelitian, hal ini disebabkan oleh adanya beberapa faktor kecil yang dialami oleh sianak khusunya saat masih bayi. Pada kondisi tersebut, bayi cenderung lebih suka menyemburkan makanan yang dia makan atau melepeh atau hanya ingin mengemut saja. Hal ini memang sangatlah wajar dilakukan oleh si bayi pada umumnya, namun tetap saja mesti ada makanan pendamping yangbisa  masuk pada tubuhnya. Adapun kejadian tersebut dapat disebabkan oleh si bayi yang tiba-tiba kehilangan nafsu makan. Namun, kondisi ini adalah sifatnya relatif, tidak semua bayi mengalaminya.

Penyebab 2 : Rasa ingin tahu yang besar

Pada fase perkembangan sepertinya rasa ingin tahunya yang lebih besar terhadap kehidupan di dunia luar sehingga acara makan yang semestinya dia dapat menjadi tidak begitu sianak pedulikan. Jika anak anda terlihat merasa bosan makan dengan gaya disuapi, maka Kita harus membiarkannya untuk si dia makan sendiri atau bereksplorasi sendiri sebab ketika tahap ini anak cenderung menginginkan sesuatu yang baru dalam perkembangannya.

Penyebab 3 : Sedang Tumbuh Gigi

Ada pula penyebab lain sianak tidak mau makan, yang disebabkan oleh sebuah gangguan yang terjadi pada fisiknya sehingga mempengaruhi minat makan dianya, misalnya saat sianak sedang mengalami pertumbuhan gigi, adalakanya ibu harus mengganti makanan menjadi yang bertekstur sedikit kasar.

Penyebab 4 : Sedang pilek dan batuk

Penyebab sianak sulit makan bisa dikarenakan oleh kondisi tubuh nya yang tidak stabil dalam artian anak sedang tidak sehat seperti batuk dan pilek. Susah makan yang sifatnya sangat sederhana (misalnya karena dia edang sakit) biasanya tidak sampai menunjukkan pengaruh yang berarti pada kesehatan dan tumbuh kembang nya. Dampak yang sangat berarti baru akan muncul pada kondisi ketika susah makan yang berat dan lama.

Untuk jangka pendek, pengaruh yang bisa terjadi seperti dalam keadaan kekurangan energi akut dan hipoglikemia (kadar gula darah sangat kurang), berkeringat dingin, tubuh kejang, sampai pingsan. Sedangkan efek dalam jangka waktu lama, susah makan akan mengakibatkan hambatan tumbuh kembang (failure to thrive), kurang gizi, anak kekurangan vitamin A, kekurangan yodium dan kurang mineral lainnya, anemia defisiensi besi, kecerdasan otak dan kekebalan tubuh menurun.

Penyebab 5 : Mengkonsumsi Camilan

Penyebab lain sianak tidak mau makan yaitu disebabkan dia sudah banyak mengkonsumsi camilan. Nah, yang perlu kita cermati adalah camilan apa saja sih yang dimakan? Jika camilan itu tidak lengkap gizi maka meskipun mereka merasa tidak lapar akan tetapi di sisi lain tidak mendapat kecukupan gizi. Untuk itu, perlu dibuat menu makan sehari-hari agar si anak makan teratur dan selalu mendapat zat gizi yang lengkap, termasuk memasukan dalam menu makan utama dan camilan.

Penyebab 6 : Tidak Nafsu Makan

Kenapa sih Anak Susah Makan ? Apa solusinya ?Memasuki usia 1 tahun, anak-anak mulai menunjukkan keinginan dalam menu makanan, misalnya pada suatu hari mereka hanya makan ayam saja dalam kurun waktu 1 pekan kemudian dia tidak mau makan ayam sama sekali tetapi hanya makan beberapa buah-buahan. Kita tidak perlu khawatir melihat tanda-tanda/gejala seperti ini, yang penting Kita dapat membuat makanan lebih bervariasi supaya sianak tertarik. Pada usia 2 tahun, anak akan lebih suka berlari kesana kemari/muter-muter sehingga rewel ketika disuruh/diajak makan. Menghadapi anak yang seperti ini sebaiknya kita memberi makanan padat bergizi dan lengkap tetapi untuk porsinya lebih kecil dan lebih sering.

Penyebab 7 : Menunjukkan keakuannya

Ketika anak usia 3-4 tahun mulai memasuki fase negatifistik yaitu menolak hampir semua makan karena menunjukkan keakuannya. Kita bisa menyiasatinya dengan menyajikan menu makanan semenarik mungkin sehingga sianak susah menolak makan-makanan yang diberikan. Bisa jadi sianak tidak mau makan dikarenakan sudah terlalu banyak mengkonsumsi beberapa makanan selingan, untuk itu kita harus mengatur supaya sianak tidak terlalu sering jajan.

Penyebab 8 : Makan Manis Sebelum Jadwal Makan

Apa yang terjadi jika kita makan coklat yang manis (atau semua makanan manis lainnya) sesaat sebelum kita makan nasi ?? Bisa dipastikan akan malas makan untuk makanan utama yakni nasi. Kenapa bisa seperti itu ? Karena rasa manis yang terasa dalam makanan seperti coklat dan makanan manis lainnya tinggi akan kalori serta memberi efek yang mengenyangkan sesaat. Jika si anak sesaat sebelum makan makanan utama dia suka ngemil coklat maka efeknya dia akan malas makan makanan utama.

Sebagai orang tua, kita perlu membuat jadwal kapan si dia diperbolehkan untuk makan es krim, coklat, roti manis dan beberapa makanan manis lainnya. Hindari makan makanan manis sebelum jadwal makan. Jika ini kita lakukan, maka sianak akan lebih lahap untuk memakan makanan utama mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *