Empon-empon

Empon-empon

11. Lempuyang wangi (Zingiber aromaticum).

Lempuyang atau lempuyang wangi (Zingiber zerumbet) adalah sejenis rempah-rempah yang berkhasiat obat. Rimpangnya dimanfaatkan sebagai campuran obat pahitan yang dijual oleh penjaja jamu keliling. Lempuyang atau puyang adalah salah satu bahan utama jamu yang cukup populer, jamu cabe puyang.

Lempuyang diketahui mampu menginduksi apoptosis sel-sel kanker. Tidak hanya itu, lempuyang berguna bagi kesehatan, misalnya sebagai obat asma, merangsang nafsu makan, merangsang membran mukosa lambung, mengurangi rasa nyeri, dan pembersih darah.

12.  Lengkuas (Alpinia galanga).

Laos atau lengkuas adalah rimpang yang cukup familiar bagi ibu-ibu pencinta kuliner. Bumbu laos dipakai untuk memasak ayam goreng atau masak sayur opor. Oleh karena itu lengkuas terkenal sebagai penyedap masakan yang alami. Rimpang umbi lengkuas selain berserat kasar juga mempunyai aroma yang khas.

Lengkuas mengandung minyak atsir sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Lengkuas dipercaya sebagai obat rematik, sakit limpa, gairah seks, nafsu makan, bronkitis, dan panu.

Laman: 1 2 3 4 5 6 7 8

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *