Day Care

Dulu day care atau Tempat Penitipan Anak (TPA) hanya menyediakan fasilitas biasa saja. Sekadar jadi tempat untuk anak yang butuh tidur siang. Tapi sekarang, day care tampil dengan fasilitas premium dan komplet.

Tempat penitipan anak merupakan salah satu sarana yang membantu dalam pengasuhan dan pendidikan anak dengan tatacara yang menggabungkan antara pengembangan bahasa, pengembangan jiwa sosial dan psikomotorik anak, kemandirian dan keterampilan dalam suasana yang ceria menjadi bagian yang sangat penting untuk ditanamkan sejak dini sebagai pondasi dasar dalam pengembangan kepribadian anak-anak.

Berikut ini beberapa langkah ketika mencari TPA:
  • Sebagai langkah awal, kumpulkan informasi mengenai TPA-TPA incaran Anda. Informasi bisa Anda peroleh dari teman-teman di kantor, tetangga, kerabat, atau pun   internet.
  • Setelah menetapkan beberapa pilihan TPA (tentu melalui pertimbangan Anda dan pasangan, misalnya jarak yang dekat dengan rumah atau kantor Anda berdua, atau juga dari segi biaya), Anda berdua harus mendatangi TPA-TPA tersebut.
  • Kenali TPA-TPA tersebut lebih dekat. Misalnya bagaimana bentuk fisik bangunan, ruangan, arena bermain anak, jumlah pengasuh dan juga perbandingan jumlah pengasuh dengan jumlah anak. Tak lupa Anda juga perlu mencari tahu kredibilitas    TPA, misalnya izin beroperasi   dan para tenaga ahli yang mendukung (dokter    anak, psikolog anak, dan lain-lain).
  • Bila Anda dan pasangan memilih satu TPA yang sesuai kriteria    Anda dan pasangan, selanjutnya giliran si balita Anda yang menilai. Ajaklah ia ke TPA pilihan Anda. Lihatlah, apakah ia nyaman dengan suasana TPA itu, apakah pengasuh di TPA mampu menarik perhatian anak dan mengasuhnya serta menjaganya dengan  aman dan rasa kekeluargaan?
  • Bila anakl Anda berusia 1 tahun ke bawah, Anda dan pasangan  harus lebih ekstra dan cermat dalam memilih TPA. Anda perlu mencari tahu tingkat pengalaman dan keterampilan pengasuh yang mengasuh dan menjaga bayi Anda. Bagaimana kondisi dan suasana ruang tidur dan juga bermain bayi? Bagaimana perbandingan    jumlah pengasuh dan bayi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *