Berenang Buat Balita

berenang

Melatih balita berenang sejak dini memang baik, sehingga kelak sudah dewasa anak tersebut sudah bisa berenang dengan mahir, karena sudah di kenalkan dengan berenang di kolam air. Semua anak-anak menyukai berenang dan bermain air. Berenang membuat hati gembira dan motoriknya terlatih.

Faktor keamanan/safety haruslah menjadi prioritas dalam melakukan kegiatan ini, berikut hal-hal yang perlu di perhatikan.

Usia minimal adalah sekitar umur 6 bulan, karena pada umur 6 bulan bayi sudah bisa duduk tegak dan menyangga tubuh nya dengan baik.

Pastikan terlebih dahulu balita dalam kondisi kesehatan yang baik dan tidak sedang sakit, misalnya demam atau flu.

Balita tidak sedang dalam kondisi mood yang jelek, gampang nangis dan manja. usahakan dalam kondisi ceria. Jika balita menangis atau takut jangan di paksakan.

Penggunaan pelampung leher/neck ring, agar balita bisa mengapung. untuk pengenalan terhadap perilaku air.

 

Keuntungan dari belajar berenang adalah balita mendapatkan pengalaman mengendalikan air, yang jika sudah dewasa kelak akan terbiasa dengan olahraga air, selain itu akan menimbulkan kepercayaan diri yang tinggi bagi dirinya.

Selain itu ada manfaat lagi, yang mana akan menciptakan hubungan harmonis antara anak dan orangtua ketika proses belajar berenang tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *