Belajar Menanam Tumbuhan

Belajar mengenal tumbuhan, Anak pun akan senang mengamati bagaimana tanaman tumbuh. Dengan cara belajar menanam, menjaga tanaman dengan carammenyirami dan menyiangi, melihatnya berbunga dan kemdian berbuah, anak belajar tentang rahasia bagaimana tanaman bertumbuh dan layu.

Dengan melihat proses tumbuh dan matinya tanaman, sebenarnya sianak dapat belajar banyak hal tentang dirinya sendiri. Apa saja yang bisa dipelajarinya?

Dekat dengan tanaman. Pada usia 4 tahun, anak sudah bisa membedakan perbedaan tanaman yang satu dengan yang lain. Misalnya, membedakan tumbuhan Mawar dan Melati melalui baunya.

Ketika memelihara tanaman, anak Anda mengenal berbagai hal seputar tumbuhan. Tanpa air tanaman tidak akan tumbuh, akan tetapi akan layu. Atau, jika ia menanam permen coklat, maka permennya tidak bisa tumbuh karena bukan jenis tumbuhan.

Dengan menanam, anak juga bisa belajar sabar. Anak Anda akan mengagumi tumbuhan yang sedang dipelihara oleh nya karena tumbuhan itu memerlukan cinta dan perawatan dari sianak. Proses memelihara ini akan membuatnya gembira, namun terkadang juga bisa sedih jika tanamannya layu atau tidak bertumbuh.

Melalui kedekatan hubungan dengan tumbuhan, si anak empat tahun juga dapat mengasah kecerdasan naturalisnya. Selain terampil mengkategorikan berbagai hal di alam, sianak jadi bisa lebih memahami fenomena alam yang sedang terjadi di sekelilingnya. Tentu hal ini merupakan bekal yang cukup penting bagi kehidupan anak di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *