Anak Obesitas

Anak obesitas, anak kegemukan tidak baik untuk kesehatannya dan bisa menimbulkan efek penyakit yang bisa mengganggu kesehatan anak.

Beberapa penyebab obesitas pada anak adalah:

  • Faktor genetik

    Merupakan faktor keturunan dari ayah-ibu yang sulit dihindari. Bila orangtua memiliki berat badan berlebih, hal ini nantinya dapat diturunkan kepada anak.

  • Makanan cepat saji serta makanan ringan dalam kemasan

    Maraknya restoran cepat saji merupakan salah satu faktor penyebab. Anak-anak sebagian besar menyukai makanan cepat saji atau fast food bahkan banyak anak yang akan makan lahap dan menambah makanan bila makan makanan cepat saji. Akan tetapi makanan seperti ini pada umumnya mengandung banyak lemak dan gula yang tinggi yang mengakibatkan obesitas. Orang-tua yang sibuk sering menggunakan makanan cepat saji yang praktis dihidangkan untuk diberikan pada anak mereka, walaupun kandungan gizinya buruk untuk anak. Makanan cepat saji meski rasanya nikmat namun tidak memiliki kandungan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Itulah sebabnya makanan cepat saji sering juga disebut dengan sebutan junk food atau makanan sampah. Selain itu, kesukaan anak-anak pada makanan ringan dalam kemasan atau makanan manis menjadi menu yang patut diperhatikan.

  • Minuman ringan

    Sama seperti makanan cepat saji, minuman ringan (soft drink) terbukti memiliki gula yang tinggi sehingga badan akan terus bertambah berat bila meminm minuman ini. Rasa yang nikmat dan menyegarkan menjadikan anak sangat menggemari minuman ini.

  • Kurangnya aktivitas fisik

    Masa anak-anak identik dengan masa bermain. Dulu, permainan anak umumnya adalah permainan fisik yang mengharuskan anak berlari, melompat atau gerakan lainnya. Tetapi, kegiatan itu telah tergantikan dengan game elektronik, Internet, komputer, atau televisi yang cukup dilakukan dengan hanya duduk di depan monitornya tanpa harus bergerak. Permainan inilah yang mengakibatkan anak kurang melakukan aktifitas badan sehingga menyebabkan berat badan berlebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *