Anak Mengamuk di Tempat Umum

Saya yakin ada banyak sekali para orangtua yang mengalami kejadian yang serupa, mungkin bukan hanya sekali saja akan tetapi berkali-kali, dan orangtua tetap bertanya-tanya tentang bagaimana cara mencegah kejadian serupa, anak mengamuk seperti itu supaya tak terulang lagi.

fastfood

Marah bisa menjadi emosi tersulit yang harus diatasi oleh orang tua. Apalagi jika sedang banyak tuntutan pada diri kita, sehingga kita rentan terhadap stres. Ada satu saja pemicu kejadian, misalnya anak tiba-tiba mengamuk, Anda akan marah besar.

Menurut Warren Umansky, Ph.D , seorang Child Development Specialist mengungkapkan, anak akan lebih sering mengamuk jika di tempat umum. Anak tahu, kalau dia mengamuk di tempat umum, keinginannya semakin gampang terkabul. Mengapa? Karena orang tua akan malu saat menjadi perhatian bagi orang lain.

Temper tantrum (mengamuk) adalah sesuatu yang normal dilakukan anak diusia dua-tiga tahun. Demikian pendapat Mark Roberts, Ph.D ., seorang profesor psikologi klinis Idaho State University, Amerika Serikat. Menurut Roberts, aktifitas mengamuk identik dengan menangis pada saat bayi. Ini adalah cara anak-anak berkomunikasi, karena anak-anak belum mampu mengungkapkan apa pikiran dan harapan mereka.

Ketika anak anda mengamuk di depan umum, ada dua masalah dihadapi oleh orang tua. Pertama, orang tua kesal karena sianak mengamuk agar kemauannya harus dituruti. Kedua, orang tua akan merasa malu, karena menjadi perhatian bagi orang lain karena dianggap orangtua tak dapat mengontrol anak. Ini membuat orang tua terkadang sudah tidak dapat mengendalikan diri sehingga akan marahlah yang muncul.

Umansky mengingatkan, ketika anak sedang mengamuk, orang tua tidaklah perlu marah. Karena, hal ini dapat saja memberikan efek negatif pada anak anda. Anak bisa saja menjadi merasa malu dan marah, sehingga ia akan menangis lebih keras lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *