Tips Trekking atau Hiking

Hiking atau Trekking adalah salah satu aktivitas wisata alam yang banyak digemari wisatawan. Jika ingin mencoba trekking untuk mengisi waktu liburan, kamu bisa mencoba trekking di Leuwi Hejo, Bogor, Jawa Barat. Wisatawan akan dapat melihat keindahan pegunungan hijau dan gemuruh air sepanjang aliran sungai.

Namun sebelum trekking, ada baiknya siapkan beberapa hal ini agar trekking bersama teman atau keluarga anda menjadi lebih menyenangkan. Berikut Kompas.com rangkum 5 tips trekking di Leuwi Hejo:

1. Pilih jalur trekking sesuai kemampuan Leuwi Hejo memiliki beberapa jalur trekking yang berbeda. Kamu bisa menyesuaikan dengan kemapuan anda. Jika ini adalah trekking pertama, kamu bisa mencoba jalur singkat yang hanya berjarak sekitar 1 sampai 1,5 kilometer (km) dengan waktu tempuh 1 sampai 1 jam 30 menit. Untuk trekking, jalurnya banyak macam ada yang hanya 1 km, 3-4 kilometer (km). Bahkan, ada yang sampai 10 km dengan jarak tempuh bisa sampai 8 jam.

2. Pakai alas kaki yang nyaman Jalur yang akan ditempuh wisatawan selama trekking beragam. Tidak jarang jalan setapak yang dilalui licin atau banyak bebatuan. Menggunakan alas kaki yang tepat, seperti sepatu atau sandal gunung akan membuat perjalanan lebih nyaman dan meminimalkan terpeleset.

3. Bawa air minum yang cukup Sebelum melakukan trekking, bawa persediaan air minum yang cukup untuk mencegah tubuh dehidrasi selama perjalanan. Memang selama perjalanan trekking, ada beberapa warung yang menjual minuman. Kendati demikian, ada baiknya membawa air minum sendiri agar tetap bisa minum saat belum sampai warung.

4. Bawa baju ganti dan handuk Setelah melakukan perjalanan panjang, berenang di kolam dengan air yang sejuk dapat menyegarkan dan mengurangi rasa lelah Leuwi Hejo terkenal akan curug atau air terjunnya yang jernih. Selama trekking, wisatawan akan melewati kolam alami tersebut dan dapat berenang disana. Maka dari itu, bawa baju ganti dan handuk. 

5. Jangan membawa barang teralu banyak Melakukan trekking tidak membutuhkan terlalu banyak barang. Hal ini untuk mencegah tubuh kelelahan kehabisan energi selama trekking. Bawa barang seperlunya, seperti air minum, baju ganti, handuk, dan kamera untuk mengabadikan momen trekking anda. Kamera smartphone pun kini sudah mumpuni.