Berlatih Plank

1. Mudah dan statis

Mempelajari posisi plank yang benar sangatlah mudah dan Anda tak perlu repot menghafal gerakan-gerakan lainnya. Anda pun bisa melakukan plank di mana saja, tak harus di gym.

Pada dasarnya Plank adalah menjaga posisi di mana berat tubuh disangga oleh kedua tangan, siku, dan kedua ibu jari kaki selama beberapa waktu.

Untuk mendapat manfaat maksimal, sebaiknya lakukan latihan ini setiap hari dengan meningkatkan durasinya sedikit demi sedikit. 2 dari 4 halaman

2. Mudah dimodifikasi

Plank tidak membosankan. Ada beberapa variasi posisi plank yang bisa memengaruhi otot tubuh yang berbeda. Anda bisa mencoba `side plank` atau plank samping, `one-legged plank`, posisi plank yang dikombinasikan dengan elemen kardio.

Sementara itu, `push-up plank` adalah seperti ini: mulai dengan posisi push-up, luruskan lengan Anda. Tak perlu melakukan gerakan push-up, Anda hanya perlu meluruskan tubuh dan bertahan dalam posisi ini sampai 1 menit. Untuk meningkatkan intesitas plank, angkat satu kaki beberapa inci dari lantai.

Jika ingin menambahkan elemen kardio: lakukan 10 kali lifts lalu ganti angkat kaki lainnya. Anda akan mendapat banyak manfaat dari gerakan plank ini.

3. Tak perlu alat khusus

Untuk berlatih plank, Anda tak memerlukan alat khusus. Meski begitu, Anda bisa menggunakan variasi gerakan yang berbeda agar latihan terasa lebih menantang dan efektif. Untuk latihan lebih lanjut, Anda bisa berlatih plank dengan bola. Latihan ini memerlukan keseimbangan dan memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dari yang Anda bayangkan. Tapi hasilnya pun lebih cepat terlihat.

Mulai dengan meletakkan perut pada bola, gelindingkan bola hingga menyangga bagian betis atau tulang kering dan tangan Anda menyangga tubuh bagian atas. Lengan harus sejajar di atas siku. Kontraksikan otot perut dan coba tahan selama 5 detik.

4. Plank membakar lebih banyak kalori

Ya, plank tidak hanya membantu memperkuat dan menstabilkan otot inti Anda, melainkan juga mengencangkan otot utama di kaki, lengan, paha, serta bokong.

Berlatih plank akan membantu Anda membakar kalori lebih banyak dibandingkan sit-up atau crunch. Jika ingin latihan yang lebih membakar kalori, lakukan latihan plank tingkat lanjut dengan masing-masing posisi 30 detik (hingga 1 menit), lalu ulangi masing-masing gerakan sebanyak 10 hingga 12 kali.  3 dari 4 halaman

5. Plank meningkatkan fleksibilitas tubuh

Latihan plank baik untuk meregangkan tubuh bagian belakang dan kaki. Ketika berlatih, regangkan kaki dan hamstring yang membentuk paha bagian belakang. Side plank atau plank samping membantu meregangkan tubuh bagian samping. Jadi, dengan plank Anda bisa meregangkan otot sekaligus berlatih membentuk tubuh!

6. Plank meningkatkan keseimbangan dan performa tubuh

Dengan melakukan plank, Anda bisa mengetes sekaligus meningkatkan keseimbangan tubuh. Jika ingin melatih keseimbangan tubuh, sebaiknya Anda berlatih side plank atau melakukan plank dengan bantuan bola. Awalnya mungkin memang sulit melakukan latihan tersebut. Tapi bila rajin berlatih, Anda akan mendapatkan manfaatnya secara nyata.

7. Perut rata

Siapa yang tak ingin memiliki perut rata? Setiap orang, terutama wanita pasti menginginkan hal ini bukan? Anda bisa mendapatkan perut rata tanpa lemak dengan berlatih plank!  4 dari 4 halaman

8. Postur yang baik, punggung yang kuat

Melatih otot inti juga membantu Anda mendapatkan postur tubuh yang baik dan mengurangi risiko penyakit degeneratif yang seringkali berkaitan dengan masalah punggung. Dengan berlatih plank secara benar dan pengulangan yang tepat, tubuh bagian bawah yang berkaitan dengan perut Anda pun akan baik.

9. Latihan yang aman

Plank bukanlah latihan yang berbahaya. Tapi Anda tetap harus memastikan bahwa Anda melakukannya dengan benar. Para atlet lari atau triathlon juga memasukkan plank dalam pola latihan mereka.

10. Otot betis, lengan, dan kaki lebih kencang

Otot kaki dan betis Anda akan lebih kencang dengan berlatih plank gaya klasik. Bila Anda ingin hasil yang lebih cepat, lakukan plank dengan gerakan mengangkat kaki. Ini juga cara yang baik untuk menghilangkan selulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *